6 Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia

6 Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia

6 Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia

6 Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia
IDN Times

Kebun Binatang Terbaik –  Kebun binatang biasanya disingkat bonbin (kebon binatang) atau taman safari, yaitu tempat di mana hewan-hewan dipelihara di lingkungan buatan dan ditampilkan kepada publik. Kebun binatang tidak hanya sebagai tempat hiburan, tetapi juga tempat untuk pendidikan, penelitian dan perlindungan satwa langka. Sebagian besar hewan yang dipelihara di kebun binatang adalah hewan yang hidup di darat, sedangkan hewan air dipelihara di akuarium.

Kebun binatang yang mengizinkan pengunjung masuk dengan mobil atau bus disebut kebun taman safari. Hewan dilepaskan di tempat terbuka lebar dan tidak dikurung di kandang sempit, tapi dibatasi pagar atau parit. Kebun binatang biasanya dilengkapi dengan kebun binatang anak untuk memajang hewan ternak atau hewan liar lainnya yang belum dewasa dan jinak untuk ditangani atau diberi makan, termasuk anak-anak.

Kebun binatang tertua di Indonesia adalah Taman Margasatwa Ragunan Jakarta yang didirikan di Cikini pada tahun 1864 dengan nama Batavia Planten-en Dierentuin Batavia (kebun raya and Botani Batavia). Pengelolanya diangkat ke Batavia Flora and Animal Care Association.

Kebun binatang merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Kebun binatang memang dapat memberikan referensi yang sangat efektif untuk pendidikan hewan anak, karena di dalam kebun binatang pengunjung dapat melihat spesies hewan dan tumbuhan serta keanekaragaman berbagai satwa. Bagi yang ingin berwisata bersama anak, salah satu tips jalan-jalan bersama anak adalah mengunjungi salah satu dari sekian banyak kebun binatang di Indonesia berikut ini.

1. Taman Safari Indonesia (Bogor)

Taman Safari Indonesia (Bogor)
The Jakarta Post

visit-palau – Taman Margasatwa Bogor merupakan salah satu objek wisata terpopuler bagi para wisatawan, dan sangat cocok jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, pasangan atau teman. Taman Margasatwa Cisarua Bogor ini memiliki sekitar 2.500 hewan dari seluruh dunia.Anda bisa menggunakan bus atau mobil yang disediakan oleh penjaga safari untuk berkeliling melihat satwa tersebut.

Banyak hewan berkeliaran dengan bebas di hutan. Anda bisa langsung melihat binatang, antara lain rusa, gajah, macan tutul, kerbau, kuda nil, keran, lidah buaya, bison, singa, orangutan, dll. Selain bisa langsung berinteraksi dengan satwa yang ada di sana, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan atau mengikuti berbagai permainan yang telah ditawarkan. Terdapat berbagai fasilitas permainan atau hiburan, seperti lintasan balap, pesawat gila, angsa liar, bola mandi, rumah hantu 3D, kebun binatang bayi, bola busa, sepeda air, bom mobil, sepeda glider, dan banyak lagi lapangan olahraga. Taman safari ini beralamatkan di Jalan Kapten Harun Kabir bernomor 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sedikit tips untuk anda jika anda ingin berkunjung ke Taman Safari Indonesia (Bogor) ini yaitu:
– Berangkat ke tempat tujuan sehari sebelumnya.
Taman Safari Cisarua terletak di kawasan pegunungan yang terkenal dengan kemacetan lalu lintas terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional. Untuk menghindari kemacetan, sebaiknya berangkat sehari sebelumnya dan mencari tempat menginap di dekat Taman Safari Cisarua, sebaiknya menginap di Villa Puncak.
– Jadwalkan keberangkatan anda lebih pagi
Jika Anda datang di pagi hari, Anda bisa melihat hewan-hewan di Taman Safari sedang makan. Begitu pula sebaliknya, jika terlambat, biasanya hewan tersebut malas bahkan tidur.
– Membaya payung untuk berjaga – jaga bila hujan
Jika musim hujan sudah tiba, sebaiknya bawa payung sendiri. Karena kalau beli di area safari pasti harganya akan sangat mahal.
– Membawa kamera
Untuk merekam pengalaman liburan Anda dengan baik, jangan lupa untuk membawa kamera Anda. Selain itu, pastikan baterai kamera terisi penuh untuk memastikan bahwa baterai tidak akan habis saat berjalan-jalan sepanjang hari.
– Membawa uang langsung atau tunai
Sebaiknya Anda membawa uang tunai saat membeli tiket Taman Safari Cisarua Bogor. Selain itu, jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup, karena loket tiket tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.
– Dan anda jangan lupa membeli sayur untuk makannan para satwa
Jangan lupa untuk membeli makanan, seperti sayur dan buah. Buka sedikit kaca depan untuk langsung memberi makan hewan herbivora atau tidak berbahaya.

2. Taman Safari Indonesia (Prigen)

Taman Safari Indonesia (Prigen)
TripTrus

Prigan Wildlife Park adalah salah satu dari tiga taman margasatwa terbesar di Indonesia. Dua taman safari lainnya adalah Bali Safari and Marine Park dan Taman Safari Bogor. Taman ini memiliki luas 350 hektar, lebih besar dari dua taman margasatwa lainnya. Dengan menerapkan konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung bisa melihat binatang bebas berkeliaran di luar ruangan. Rasakan pengalaman safari baru dan saksikan kehidupan hewan liar.

Taman Safari Prigen yang berada di kaki Gunung Arjuna ini terasa berbeda dengan tempat wisata lainnya. Pengunjung akan diajak memasuki dunia binatang liar dan tak terduga. Di taman safari terbesar dan terbaik di Asia, pengunjung dapat menikmati petualangan unik dan mengasyikkan bersama ribuan hewan. Sebagai referensi, ada sekitar 2000 spesies langka yang bisa disaksikan langsung. Anda dapat mencoba banyak aktivitas dan wahana. Selain menyaksikan dan berfoto bersama satwa yang ada, pengunjung juga bisa menikmati berbagai atraksi satwa. Kebun binatang ini beralamatkan di Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, provinsi Jawa Timur.

Harga tiket masuk:
– Tiket Masuk Taman Safari Prigen* = hari biasa Rp100.000
hari libur Rp110.000
– Tiket Dolphin And Friend = Rp10.000
– Tiket Temple Of Terror = Rp10.000
Harga tiket parkir
– Mobil = Rp5.000
– Motor = Rp10.000
– Bus = Rp20.000
Jam buka setiap hari mulai pagi pukul 09.00 sampai sore pukul 16.00.

Beberapa keseruan yang ada di Taman Safari Indonesia (Prigen) yaitu seperti:
– Adanya Animal Show
Bagi wisatawan yang ingin melihat konsep unik (seperti aksi yang menarik perhatian beberapa hewan), inilah Taman Safari. Pengunjung bisa melihat harimau, lumba-lumba dan berbagai pertunjukan burung, dan pengunjung yang ingin berfoto dengan beberapa satwa ini hanya perlu membayar 10.000 Rupiah saja.
– Wahana Roller Coaster
Roller coaster merupakan salah satu sarana rekreasi yang bisa dimainkan di Taman Safari Prigen. Bagi wisatawan yang ingin mencoba tempat rekreasi dan tempat rekreasi ekstrim silahkan mencoba area permainan ini.
– Lalu terdapat Safari Paintball
Apakah ini game yang menyenangkan dan menantang seperti film perang? Nah, di Taman Safari Prigen ini terdapat sebuah permainan bernama Safari Paintball yang sangat menantang. Permainan bisa diselesaikan dengan teman atau bergabung dengan tim.
– Safari Adventure
Hampir semua pengunjung di sini akan mencoba Safari Adventure. Pasalnya, kawasan Taman Safari terlalu luas untuk dilalui dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, kendaraan menyediakan mobil atau shuttle bus sehingga Anda bisa melihat langsung binatang tersebut.
– Safari Water World
– Amusement Park
– Baby Zoo

Baca Juga :  7 Destinasi Pantai Yang Ada Di Lampung

3. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
TripAdvisor

Salah satu destinasi wisata yang menarik dan ramai di Yogyakarta adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun Binatang Gembira Loka menawarkan berbagai macam satwa dan sarana hiburan yang menarik tentunya dapat dijadikan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak untuk belajar mengenal satwa dan bersenang-senang di berbagai sarana hiburan. Kebun Binatang Gembira Loka memiliki berbagai macam satwa, diantaranya satwa dari Asia, Amerika, Eropa, Eropa dan Asia bahkan Afrika. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka sendiri terbilang cukup murah dari harga yang ditampilkan. Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Jl. Daerah Istimewa Yogyakarta, Kebun Raya Kedua Kotagdrejovi Nangon, Kota Yogyakarta.

Harga tiket masuk:
– Harga tiket masuk reguler adalah Rp25.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp35.000 pada hari Sabtu hingga Minggu dan hari libur.
– Harga terusan untuk perahu katamaran grup (tarif + Rp 5.000).
– Dan tiket Paket yang hemat Kataring (tiket ferry Catamaran dan tiket kereta api) (harga tiket + 25.000) Keunggulan tiket ke-2 dan ke-3 adalah murah dan tidak perlu antri untuk membeli tiket lagi.

Keseruan yang ada Gembira Loka Zoo yaitu seperti:
– Petting Zoo
– Perahu Katamaran
– Zoo Express
– Terapi Ikan
– Unta Tunggang
– Bumper Boat
– Gajah Tunggang
– ATV
– Speed Boat
– Transportasi Keliling (TARING)
– Sekuter Air
Fasilitas yang terdapat di Gembira Loka Zoo:
– Sentral Servis
– Food Court
– Stroller Bayi
– Kursi Roda
– WiFi
– Masjid dan Mushola
– Gelang Anak

4. Taman Hewan Pematang Siantar

Taman Hewan Pematang Siantar
TravelsPromo

Pematang Siantar tidak cuma mampir di Telaga Tayu, tetapi lelet laun jadi tujuan berliburnya. Alasannya di area itu, Kamu hendak menciptakan banyak tempat darmawisata menarik semacam Tugu Becak Siantar, Halaman Air Siantar, Roti Masak Dobel, Air Turun Ampuh Biak, serta pastinya Ladang Fauna Pematang Siantar. Halaman binatang ini dapat Kamu temui di Jalur Gunung Simanuk- manuk Nomor. Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Ladang fauna ini terdapat di pusat kota, tidak jauh dari Museum Simalungun, Universitas Simalungun, Stasiun Pematang Siantar, Halaman Kota Haji Adam Raja serta Langgar Agung Pematang Siantar. Ladang Fauna Pematang Siantar sendiri ialah ladang fauna terbanyak keempat di Indonesia, kedua sehabis Ladang Fauna Surabaya, Halaman Margasatwa serta Adat Bukittinggi serta Ladang Fauna Bandung. Semenjak 1 September 1996, pengurusan ladang fauna ini diatur oleh PT Unitwin Indonesia Ajang Take berlebihan serta merubahnya. julukan jadi Halaman Binatang Pematang Siantar( THPS).

Awalnya, harga tiket masuk Kebun Binatang Pematang Siantar adalah Rp 25.000 per orang. Namun per 15 Desember 2018, pengelola Taman Satwa Pematang Siantar telah menaikkan harga tiket untuk wisatawan biasa menjadi Rp30.000 per orang, dan harga tiket untuk kelompok pelajar menjadi Rp20.000. Kenaikan harga tersebut untuk menyesuaikan penambahan dan pemeliharaan fasilitas, seperti pembangunan MCK, renovasi mushola, pembangunan jalan, dan pembangunan kandang singa, harimau Bengal, harimau putih, orangutan, beruang, berang-berang, kucing dan surga.

Layaknya kebun binatang pada umumnya, pengunjung bisa menemukan berbagai macam satwa selama liburan. Bahkan, Kebun Binatang Pematang Siantar disebut-sebut memiliki beberapa koleksi unik di Indonesia yang tidak ada duanya di Indonesia, seperti buaya yang diduga tertua yang masih hidup dalam perawatan manusia. Buaya Sinyulong bahkan menginjak usia 76 tahun pada tahun 2012 dan telah ditahan di sini sejak pertama kali kebun binatang tersebut dioperasikan.Selain buaya tertua yang dipelihara di penangkaran, THPS juga memiliki pembalut yang unik, yaitu seluruhnya hasil dari penangkaran. sendiri, sekaligus mendirikan tempat, inilah satu-satunya kebun binatang di Indonesia yang berhasil beternak rusa kutub. Sebagai referensi Anda saja, singa adalah mamalia karnivora yang merupakan kucing besar dan hasil hibridisasi singa dan harimau.

Guna memberikan kemudahan kepada wisatawan, selain koleksi satwa yang lengkap, Kebun Binatang Pematang Siantar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Di sini, pengunjung dapat menemukan pusat karantina hewan, rumah sakit hewan, dan museum.Museum ini menampilkan hewan mati yang diawetkan dalam formaldehida. Anda juga akan menemukan mushola, toilet dan kafetaria yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Baca Juga : 5 Destinasi Mempesona Di Pulau Nias

5. Bonbin Surabaya

Bonbin Surabaya
YouTube

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu Kelinci yang terkenal di Indonesia dan kini telah menjadi koleksi Kelinci yang terlengkap di Asia Tenggara. Berdasarkan keputusan Gubernur Belanda, didirikan pada Agustus 1916 dengan nama Soerabaiasche Plantenn-en Dierentuin atau Kebun Binatang dan Kebun Raya Surabaya.. Itu dibuka untuk umum pada April 1918. Pengumpulan hewan di sini berkat jasa seorang reporter bernama H. ​​F. K. Kommer yang memiliki hobi mengoleksi hewan. Ada beberapa orang dengan modal yang cukup untuk membantu.

Harga tiket masuk Bonbin Surabaya yaitu:
– Rp15.000 dengan catatan anak dengan tinggi badan diatas 85cm keatas akan di kenakan biaya tiket masuk, sedangkan anak dengan tinggi badan 85cm kebawah GRATIS.
Bonbin Surabaya ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB di hari weekday, sedangkan 07.30 seampai dengan 16.30 WIB di hari libur atau weekend.

Berbagai macam koleksi yang ada di Bonbin Surabaya seperti:
– Aves (Kategori Unggas atau Burung)
– Kategori Binatang Peralihan
– Kategori Hewan Buas
– Kategori Satwa Langka
– Kategori Primata
Wahana seru yang ada di sini:
– Atraksi Spesial dari Satwa
– Naik Satwa atau menunggangi satwa
– Perpustakaan
– Arena Rekreasi
– Jalur Jogging
– Stand Foto
– Jembatan Pantau

fasilitas yang disediakan di Bonbin Surabaya ini cukup lengkap seperti: adanya pedagang yang menjajakan dagangannya, Mushola, Toilet Umum atau kamar mandi, Foto Box, Makanan Hewan, dan masih banyak lagi.

6. Seaworld Indonesia

Seaworld Indonesia
TravelsPromo

Ankor Sea World merupakan tempat wisata populer di kawasan kota Teluk Jakarta di Ankara yang memiliki 3 tema utama. Tidak hanya hiburan, tetapi juga pendidikan tentang kehidupan laut dan pengalaman perlindungan yang merusak. Ketiga wilayah perairan tersebut adalah perairan tawar, pesisir dan laut. Sea World merupakan habitat dari 7.300 biota air tawar, termasuk 48 jenis ikan dan 1 jenis reptilia. Di kawasan pantai, pengunjung bisa melihat akuarium yang konsepnya mirip dengan bioma pesisir sama dengan aslinya. Dan kawasan laut dengan sedikitnya 11.500 biota, termasuk 138 spesies ikan dan invertebrata hingga 3 spesies reptilia. Ketiganya ada dalam 28 etalase, yang berisi 19 akuarium laut, 9 akuarium segar, dan 4 kolam terbuka. Setiap akuarium akan memberi Anda tema khusus dan perasaan yang berbeda melalui informasi pendidikan.

Harga tiket masuk Seaworld Indonesia: weekday weekend
– Tiket Bundling Sea World+Ocean Dream Samudra Rp115.000 Rp140.000
– Tiket Bundling Sea World+Gondola Rp123.000 Rp147.000
– Tiket Gerbang Pintu Utama Ancol Rp25.000 Rp25.000
– Tiket Annual Pass Sea World Rp175.000 Rp175.000
– Tiket Annual Pass Bundling Sea World + Ocean Dream Samudra Rp300.000 Rp300.000
Harga tiket parkir kendaraan:
– Mobil = Rp15.000
– Motor = Rp25.000
Jam buka Seaworld Indonesia buka setiap hari dengan jam buka mulai dari jam 10.00 pagi sampai dengan 16.30 WIB sore.

Atraksi dan aktivitas menyenagkan di Seaworld Indonesia:
– Menikmati Ribuan Satwa Laut di Main Aquarium
– Film Edukasi tentang dunia Laut yang Seru dan menyenangkan di Glow Theater
– Menyusuri Terowongan Bawah Air
– Menyentuh Satwa laut di Touch Pool
– Mengasih Makan Biota-Biota Laut

Share and Enjoy !

0Shares
0 0