7 Destinasi Wisata Ternate yang Serba Cantik Banget

7 Destinasi Wisata Ternate yang Serba Cantik Banget

7 Destinasi Wisata Ternate yang Serba Cantik Banget

7 Destinasi Wisata Ternate yang Serba Cantik Banget
IDN Times

 

Destinasi Wisata Ternate –  Ternate yakni kota kepulauan yang terdiri dari 8 pulau, antara lain Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Moti dan Pulau Tifure. Ternate ada di kaki salah satu gunung di Ternate yaitu Gunung Gamalama dan yakni tenaga capai yang amat menarik. Janganlah bingung disaat berjamu ke Ternate, ini akan jadi liburan yang amat berkesan. Ternate di Maluku Utara tidak cuma terkenal sebab kerajaannya, namun pula sebab banyaknya tempat darmawisata alam yang cinta buat dilewatkan. Dikala prei Idulfitri amat sesuai dijadikan destinasi liburan lain bersama sahabat ataupun keluarga. Kota Ternate di Maluku Utara mempunyai banyak sekali destinasi darmawisata yang menarik. Tempat darmawisata alam semacam tepi laut, pegunungan, telaga serta air turun pantas buat didatangi.

berikut ini 7 wisata alam di Ternate yang dapat kalian datangi saat liburan esok!

1. Danau Tolire

Danau Tolire
kompas.com

KOMPAS. com, Beberapa turis mancanegara yang berkunjung ke kota Ternate, Maluku Utara atau Maluku Utara menjadikan Danau Torreire sebagai objek wisata yang populer. Tolire memiliki nilai sejarah yang sangat dikenal masyarakat Kota Ternate dan masyarakat luar Kota Ternate. Kalau tidak mengapresiasi keindahan telaga itu belum lengkap, ”kata Wiliam, turis asal Jerman, Rabu (11/7/2012). Dia mengatakan, ciri khas telaga inilah yang menjadikannya tempat bagi wisatawan mancanegara. dan Salah satu tujuan wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan nusantara.

hal tersebut tampak dalam beberapa minggu ini, puluhan wisatawan mengunjungi obyek wisata itu serta menikmati keindahan danau Tolire.” Ini pertama kalinya aku tiba ke tempat ini. Awal mulanya, aku hanya mendengar cerita dari sahabat aku yang pulang dari berwisata di Ternate,” katanya. selain itu,lanjut William, mereka yang sempat ke tempat ini kerapkali senantiasa menceritakan tentang hal-hal msitik danau Tolire, jadi terpikat untuk melihatnya. Bagi ia, danau Tolire senantiasa menghasilkan aura- aura mistiknya serta itu membuat dirinya merasa penasaran sehingga ingin ketahui sejarahnya.

William juga mengakui sangat penasaran dengan cerita mengenai tentang buaya berwarna putih yang kerap muncul di permukaan danau tersebut. untuk itu ia berambisi supaya pemerintah setempat patut menjadikan lokasi ini sebagai pusat budaya yang berada di Kota Ternate.Terdapat wisata alam berbentuk pantai, gunung, danau, sampai air terjun yang pantas dikunjungi.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Serang, Indahnya Alam Ampung Para Pendekar Debus

2. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo
Travel Tempo.com

Pantai Jicomalamo terletak di bagian barat Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara (Maluku Utara) tepatnya di Desa Takao masih sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama beberapa eksekutif nasional dan bintang film. Susi Pudjiastuti, Muhaimin Iskandar, Kapolri Fitri Handari Azis, istri Kaka Slank, Negari Tris Suswati Karnavian, dan beberapa pejabat negara lainnya turut menikmati keindahan bawah laut pantai tersebut.

lokasi : Maps

Jam operasional: selama 24 jam

Harga tiket : Gratis

pantai ini berbeda dengan pantai lain yang terdapat di Kota ojek atau kota Ternate, walaupun hanya mempunyai panjang dengan garis pantai yang membentang sekitar 100 m, tetapi area obyek wisata Jikomalamo ini memberikan tawaran pesona bawah laut yang tidak kalah bagusnya, ditambah lokasinya yang bearada dalam teluk, membuat kawasan ini bersih serta nyaman untuk dijadikan sebagai tempat diving serta snorkling.

Tidak hanya itu, pantai Jikomalamo ialah destinasi obyek wisata baru yang berada di Kota ojek atau kota Ternate ini, tetapi pada masa sekarang ini masyarakat Kota Ternate membuat menjadi tempat obyek wisata kesukaan. Tidak hanya menikmati keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang baik serta jenis ikan yang istimewa, kamu juga bisa menikmati kuliner khas Ternate, Banana boat, sampan dan sebagian fasilitas yang lain. Apalagi view untuk berselfie di pantai itu juga tidak kalah bagusnya.

3. Danau Ngade

Danau Ngade
Akurat.co

telaga Ngade ialah telaga yang tercantum sedang natural dan sedikit menemukan aduk tangan orang. Oleh sebab kealamiannya ini, telaga Ngade kerapkali jadi sasaran para juru foto buat memperoleh gambar yang bagus dan berharga besar.

menurut bebrapa masyarakat setempat, umumnya fotografer mengambil angle kesukaan dari atas serta menghasilkan foto aerial yang sangat luar biasa. Paduan pemandangan, warna serta angle dari danau, hutan, serta langit akan menjadi gambar bernilai tinggi. danau yang diketahui dengan nama Laguna ini memiliki kecantikan luar biasa. saat memandang pemandangan alam melalui ketinggian, kalian akan disuguhkan keindahan danau dengan latar lautan serta pegunungan.

lokasi : Maps

Jam operasional: selama 24 jam

Harga tiket : Rp20 ribu

fasilitas yang terdapat di daanau Laguna ialah:
area parkir
Spot foto
warung makan ataupun restoran terapung

pemandangan alam yang terhampar di sekitar danau Laguna telah tidak diragukan lagi. Hingga tidak bingung bila loaksi wisata ini senantiasa ramai didatangi oleh wisatawan indah dari dalam ataupun dari mancanegara. Dengan berdiri di atas jembatan kayu, memandang dari ketinggian nuansa warna yang nampak perbandingan warna air danau Laguna yang berwarna hijau dengan air laut yang berwarna biru.

Di area danau Laguna ada suatu spot foto dengan latar keindahan danau serta alam di sekitar. Spot foto itu antara lain sebuah gardu pandang yang berbentuk jembatan kayu dan sebuah ayunan tinggi yang lumayan ekstrim. Jembatan kayu itu cuma bisa dikunjungi sebanyak 7 orang dalam satu waktu. Banyak wisatawan yang antri untuk di foto di ayunan, untuk menikmati spot foto itu wisatawan wajib membayar biaya sebesar Rp. 5. 000,-

Baca Juga : 5 Tempat wisata di Gorontalo Terkini & paling Hits Dikunjungi

4. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha
Hipwee

Sulamadaha ialah tepi laut yang amat terkenal di Ternate. Tidak cuma di Indonesia, namun tepi laut ini pula sudah dikenal oleh warga mancanegara. Banyak turis asing yang mendatangi Sulamadaha, apalagi mereka susah buat melalaikan pesona pantai mempesona yang satu ini. Salah satu pantai yaitu Pantai Sulamadaha merupakan salah satu aset wisata bermakna milik Ternate di Maluku Utara.

Lokasinya yang gampang dijangkau serta diakses membuat pantai ini ramai dikunjungi masyarakat. Sulamanda juga mempunyai beberapa sarana semacam sebagian lopo yang dijadikan tempat berlindung atau nongkrong bersama keluarga. Tidak hanya itu, kamar kecil juga disediakan di sana. Beberapa pedagang yang menjual berbagai macam jenis makanan serta minuman mulai dari bakso, mie, berbagai macam nasi bersama lauk, serta juga berbagai macam minuman salah satunya kelapa membuat wisatawan makin nyaman berlama – lama di pantai itu.

loaksi : Maps

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket : Rp5. 000

Keelokan Tepi laut Sulamadaha dapat aku buktikan dari awal kali aku merambah area pantai ini. Mobil listrik dapat diparkir di satu tempat, kita wajib jalur kaki untuk menuju ke pantai ini. Kala awal kali masuk, aku berjumpa banyak gerai yang menjual santapan serta minuman dengan sahabat yang bersantai di pantai ini. Turis dapat dengan gampang memperoleh harga dari seluruh benda yang dijual, alhasil sesampainya di Sulamanda, mereka tidak butuh menghasilkan banyak duit.. Panorama alam pantai ini amat menarik atensi para turis yang tiba, pasir gelap di tepi pantai ini, sebagian tumbuhan yang sekelas dengan sebagian bagian area tepi laut, serta sebagian beberan persawahan hijau di balik area darmawisata.

Barisan kursi bermacam warna riang seolah membuat Kamu dapat duduk- duduk di laman tepi laut Sulamadaha yang bagus. Tepi laut ini memanglah didominasi oleh pasir gelap serta bebatuan karang di sekelilingnya. Tetapi seluruhnya selesai, yang jadi energi raih tertentu untuk Sulamadaha. Tepi laut Sulamadaha melayankan keelokan yang luar lazim, bagaikan secercah cahaya mentari yang jatuh dari langit. Pasir gelap serta laut biru menyongsong kehadiran turis. Aliran serta terumbu karang di dekat tepi laut lalu menaikkan eksotisme area itu.

Seluruh kegiatan di pantai Sulamadaha diatur oleh warga dekat. Pengurusan gerai makan serta pantai pula dicoba dengan cara mandiri oleh warga dekat, tetapi pengoperasiannya senantiasa dicoba di dasar pengawasan penguasa wilayah ketiga. Pada hari prei serta akhir minggu warga Ternate umumnya memakai Tepi laut Suramadaha selaku tempat tamasya. Mereka lazim berenang, naik perahu, bersantai, belum lagi berolahraga air semacam snorkeling ataupun banana boat di tempat ini.

5. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama
Liputan6.com

Gunung Gamalama juga ialah gunung yang menantang untuk para pendaki ataupun pecinta alam. untuk menaiki gunung ini tidak dikenakan bayaran sepersen pun. tetapi para ketua adat umumnya hendak menganjurkan buat berharap terlebih dulu saat sebelum menaiki serta menjaga kerindangan dan kebersihan alamnya yang terdapat disitu. Tidak hanya itu, para pendaki umumnya tidak diperbolehkan naik dalam jumlah ganjil sebab masyarakat setempat percaya jika ganjil maka salah satu dari mereka akan celaka.

lokasi : Maps

Jam operasional: selama 24 jam

Harga tiket : Gratis

Kehadiran Gunung Gamalama tidak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah masyarakat Ternate. Apalagi, keindahan alam Gunung Gamalama juga memberikan keselamatan untuk warga Ternate, mulai dari mata pencaharian pertanian sampai pariwisata yang populer sampai ke mancanegara. kisah suram tentang letusan Gunung Gamalama memanglah tidak bisa dihilangkan dari ingatan, tetapi kekayaan alam berbentuk perkebunan cengkeh serta juga pala terdapat pada lereng gunung yang membentang luas yang juga pantas buat dibanggakan selaku bagian dari kekayaan Indonesia.

6. Benteng Tolukko

Benteng Tolukko
MerahPutih

Kastil Toruko merupakan salah satu dari demikian banyak baluarti yang menaruh narasi asal usul ekspedisi Ternate. Sepanjang ini, baluarti Tolukko sedang berdiri kuat di atas perbukitan berbatu Dusun Sangadji di Provinsi Ternate Utara. Semacam banyak baluarti Ternate, baluarti Toruko awal mulanya merupakan gedung ciptaan Portugis yang mengendalikan beberapa besar perdagangan rempah Ternate pada era ke- 16.

lokasi : Maps

Jam operasional: 08. 00- 16. 00

Harga tiket : Rp5. 000

Seseorang panglima tentara Portugis yang bernama Fransisco Serraow membuat benteng yang pada awal mulanya bernama Santo Lucas ini selaku pertahanan sekalian pusat penyimpanan bumbu asli Ternate yang akan mereka perdagangkan. benteng ini terletak pada tempat yang sangat penting sebab sangat dekat dengan wilayah perairan, berada di puncak bukit yang lumayan besar serta bisa jadi tempat sempurna untuk mengawasi segala gerak.

nama Tolukko yang menempel pada benteng ini sampai saat ini juga menyimpan cerita yang tidak kalah menariknya. Satu cerita menyebutkan bahwa julukan Tolukko ini dipakai semenjak salah satu sultan Ternate yang bernama Kaicil Tolukko memrintah sekitar tahun 1692. sumber lainnya menyebutkan kalau julukan Tolukko merupakan modifikasi penyebutan asli benteng ini yaitu, benteng Santo Lucas. Cerita ini menceritakan bahwa karena tidak jelas melafalkan Santo Lucas, masyarakat asli Ternate akhirnya menyebutnya dengan Tolukko.

Kabarnya, benteng ini mempunyai satu lorong rahasia yang langsung tembus ke wilayah pantai. Pada masa penguasa Portugis serta Belanda, lorong ini digunakan sebagai sarana melarikan diri apabila terjadi pembakaran ataupun keadaan yang tidak di inginkan yang lain. Namun, dari 1996 di baluarti ini dipugar dan gang itu ditutup buat selamanya untuk alibi keamanan. perihal ini tidaklah permasalahan besar sebab baluarti Tolukko tetap jadi gedung memiliki yang yang akbar dan bagus. baluarti ini jadi jadi persamaan bunyi yang jelas dari tiap cerita ekspedisi Ternate di era kemudian.

7. Taman Nukila

Taman Nukila
kumparan

Maluku Utara ialah salah satu provinsi yang menarik turis ke tempat darmawisata di Indonesia. Sebab terdapat jutaan tempat darmawisata di provinsi itu yang menarik turis. Salah satunya merupakan Halaman Nukira di Ternate. Lapangan terbang Baginda Barbara di Ternate cuma berjarak 3 kilometer. Halaman nukila ialah merupakan salah satu tempat darmawisata yang bisa digapai dengan gampang memakai mobil. Tempat ini pula terdapat di tengah kota Ternate. Pesona istimewa Halaman Nukila banyak didatangi masyarakat spesialnya masyarakat Kota Ternate. Sebab indahnya tempat ini pula sediakan alat- alat main buat kanak- kanak.

loaksi : Maps

jam buka: selama 24 jam

tiket masuk: tidak di pungut biaya

bukan cuma itu saja, tapi masih banyak sekali orang dagang takgil di dekat Halaman Nukila, serta berdampingan dengan Langgar Raya Almunawar, langgar terbanyak di Ternate, alhasil tidak susah buat beribadah mencari menu makan malam yang kilat serta mengasyikkan. Terdapatnya sarana internet free di Halaman Nukila pula jadi tempat yang amat menarik untuk warga buat menghabiskan durasi di halaman itu, terlebih sehabis doa tarawih berakhir sedang banyak orang yang berkeliaran di internet.

Banyaknya masyarakat yang ngabuburit di taman Nukila memberi keuntungan besar untuk para pedagang takjil, karena pemasukan mereka dapat mencapai ratusan ribu setiap sore, jauh lebih besar bila dibanding berdagang di lokasi lain. taman satu ini berbeda dengan taman- taman yang terdapat di wilayah yang lain, karena kalian jika mau menikmati pemandangannya yang memesona harus menyelam terlebih dulu. nantinya, kalian dapat menikmati bermacam jenis ekosistem laut yang sangat banyak. Terdapat satu perihal yang menghasilkan taman ini mempunyai minat wisatawan yang sangat banyak, ialah terdapatnya bongkahan kapal tenggelam yang dimanfaatkan oleh pengelola wisata untuk spot berfoto. Terlebih umumnya akan banyak ikan- ikan yang mendekat seakan penasaran dengan apa yang kamu lakukan.

saat berbeda di taman Nukila, wisatawan bisa memandang langsung pemandangan alam laut serta pulau nan indah. Semilir angin laut juga membuat wisatawan bisa melupakan sejenak seluruh permasalahan yang dihadapinya. Dan beberapa kapal laut yang sedang mengarah ke pelabuhan Ahmad Yani bisa dilihat langsung. taman Nukila yang menyediakan tempat bermain untuk anak– anak. Terlihat, banyak anak– anak bermain perosotan atau ayunan di tempat tersebut. Sedangkan orang tua menunggu anak sambil memandang pemandanangan alam laut serta pulau– pulau diseberang.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0