8 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

8 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

 

visit-palau – Indonesia merupakan negara dengan pemandangan alam terindah di dunia. Dari Aceh hingga Papua, negara kepulauan seluas 1,91 juta kilometer persegi ini memang memiliki bentang alam yang mempesona. Tak heran jika jumlah wisatawan dari dalam dan luar negeri terus bertambah, menyaksikan keanekaragaman pemandangan alam Indonesia.Berkat keindahan alam Indonesia yang tak tertandingi, Anda bahkan tidak perlu pergi ke luar negeri untuk berlibur.

Negara kita tercinta Indonesia memang memiliki lingkungan alam yang sangat indah. Dari Sabang hingga Merauke, kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat yang indah dan menawan.Sebagai orang Indonesia patut berbangga hati, puncak tinggal di negeri yang dikelilingi ribuan pulau ini, indah sekali.Tak heran, banyak wisatawan yang rela datang dari berbagai negara untuk mengapresiasi destinasi wisata populer Indonesia di luar negeri.Di antara sekian banyak tempat wisata di Indonesia yang terpopuler, bahkan ada yang terkenal di dunia.Berikut berbagai tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia:

8 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

1. Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau Toba (Sumatera Utara)
Wikipedia

Danau Toba adalah danau vulkanik berstruktur alami besar yang menempati kawah gunung berapi super. Danau ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 505 meter (1.666 kaki), terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.Diperkirakan Danau Toba terbentuk dalam suatu ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (supervolcano) terbaru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Universitas Teknologi Michigan memperkirakan bahwa jumlah total material dalam letusan gunung berapi adalah sekitar 2.800 kilometer persegi – Ignimbrit yang mengalir turun dari tanah adalah sekitar 2.000 kilometer persegi, dan sekitar 800 kilometer persegi abu sebagian besar berjatuhan ke barat. Aliran piroklastik yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi menghancurkan area seluas 20.000 km2, dan ketebalan endapan abu di kawah utama adalah 600 m.

Saat ini Danau Toba telah menjadi salah satu tujuan wisata terbesar di Indonesia. Pada tahun 2016, Presiden Joko Widodo memasukkan Danau Toba sebagai salah satu dari sepuluh besar tempat wisata di Indonesia sehingga menjadi prioritas pemerintah pusat. Kami sangat berharap dengan pembenahan infrastruktur jalan sentral Sumatera, pengoperasian tol Medan-Tebin Tinggi dan beroperasinya Bandara Silangit yang saat ini melayani pelayanan domestik dan internasional dapat memberikan dukungan bagi revitalisasi pemerintah pusat, sehingga dapat mendukung revitalisasi pemerintah pusat. memulihkan Perkembangan industri pariwisata Danau Toba. Rute internasional. Oleh karena itu, Paket Wisata Danau Toba dan Paket Wisata Sungai Samosir yang disiapkan oleh Agen Perjalanan Medan akan menjadi produk andalan industri pariwisata Indonesia.

Saat ini Danau Toba telah menjadi salah satu tujuan wisata terbesar di Indonesia. Pada tahun 2016, Presiden Joko Widodo memasukkan Danau Toba sebagai salah satu dari sepuluh besar tempat wisata di Indonesia sehingga menjadi prioritas pemerintah pusat. Kami sangat berharap dengan pembenahan infrastruktur jalan sentral Sumatera, pengoperasian tol Medan-Tebin Tinggi dan beroperasinya Bandara Silangit yang saat ini melayani pelayanan domestik dan internasional dapat memberikan dukungan bagi revitalisasi pemerintah pusat, sehingga dapat mendukung revitalisasi pemerintah pusat. memulihkan Perkembangan industri pariwisata Danau Toba. Rute internasional. Oleh karena itu, Paket Wisata Danau Toba dan Paket Wisata Sungai Samosir yang disiapkan oleh Agen Perjalanan Medan akan menjadi produk andalan industri pariwisata Indonesia.

Saat ini Danau Toba telah menjadi salah satu tujuan wisata terbesar di Indonesia. Pada 2016, Presiden Joko Widodo mendaftarkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi utama Indonesia, menjadikannya prioritas pemerintah pusat. Kami sangat berharap dengan peningkatan infrastruktur jalan Sumatera Tengah, pengoperasian tol Medan-Tebing Tinggi, dan pengoperasian Bandara Silangit yang saat ini melayani baik domestik maupun internasional, revitalisasi pemerintah pusat dapat didukung, sehingga memulihkan Pengembangan industri pariwisata Danau Toba. Rute internasional. Oleh karena itu, Paket Wisata Danau Toba dan Paket Wisata Samosir yang disiapkan oleh Agen Perjalanan Medan akan menjadi produk utama pariwisata Indonesia.

2. Nusa Penida (Bali)

Nusa Penida (Bali)
Journey Era

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara pulau Bali, terpisah dari Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat dua pulau kecil lainnya yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Cen South Bank. Ketiga pulau kecil di sebelah tenggara Bali ini memiliki ciri dan daya tarik tersendiri, serta terdapat perbedaan pula di antara ketiganya. Ketiga pulau ini masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Klungkung di Provinsi Bali.Arti kata nusa penida berasal dari bahasa bali nusa artinya pulau dan penida berasal dari dua kata yaitu ped dan ida. Ped artinya kematian, Ida artinya tenaga. Oleh karena itu, Nusa Penida bisa berarti pulau dengan kekuatan mematikan yang sangat besar.

Pulau Nusa Penida adalah yang terbesar dari ketiga pulau tersebut dan sering disebut oleh penduduk setempat sebagai Nusa Gede. Goethe artinya besar. Padahal, Nusa Ceningan adalah yang terkecil dari ketiga pulau tersebut. Apalagi untuk Nusa Lembongan, pulau wisata paling terkenal, terutama turis Australia.Kondisi alam Pulau Nusa Gede meliputi lereng dan perbukitan yang dikelilingi lautan. Daerah pulau yang gersang sangat serius, dan tanah di daerah ini sangat tinggi kapur. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk setempat memilih hidup sebagai petani rumput laut, nelayan, dan sebagian memilih menjadi pedagang.

Sejak awal tahun 2014, industri pariwisata Nusa Penida berkembang pesat dan menarik banyak wisatawan untuk berlibur. Perkembangan pariwisata yang pesat telah mengubah mata pencaharian banyak penduduk lokal di Nusa Penida. Beberapa orang melakukan percobaan di bidang akomodasi, transportasi dan katering.Perkembangan pariwisata di daerah tersebut masih sangat lambat. Sebagian besar wisatawan yang sedang berlibur di Nusa Penida berniat untuk berfoto dan melakukan kegiatan wisata water sport Bali seperti; snorkeling dan Air Menyelam paru-paru.Nusa Lembongan (Nusa Lembongan) berbatasan dengan pulau, dan industri pariwisata berkembang lebih pesat. Sebagian besar wisatawan yang suka menghabiskan liburannya di Nusa Lembongan adalah wisatawan yang suka melakukan wisata pantai di Bali.

Nah, jika anda sedang liburan ke Nusa Penida tidak akan menemukan beach club seperti kawasan wisata Seminyak di Bali. Namun, Nusa Penida tetap patut dikunjungi karena pemandangan alamnya yang unik. Jika anda menggunakannya sebagai background foto maka anda akan menemukan banyak sekali pemandangan alam di nusa penida, dan pemandangannya sangat unik.Daya tarik wisata Nusa Penida terletak pada tiga poin:
-Pantai berpasir putih.
-Pemandangan indah dari atas tebing tinggi.
-Pemandangan bawah laut yang indah.

3. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)
Wiki Wisata – blogger

Taman Nasional Bunaken ditetapkan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1991. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Minahasa, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara dengan luas kurang lebih 89,06 hektar. Di bagian utara taman nasional terdapat Banaken, Manado Tua, Montehage, Siladen, Nain, Nain Kisir Kecil) dan sebagian kawasan pantai Tanjung Pisok. Sedangkan di selatan menutupi sebagian pantai Tanjung Kelapa.Lokasi ini merepresentasikan ekosistem perairan tropis Indonesia, yang meliputi ekosistem hutan mangrove, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem darat atau pesisir. Pulau ini memiliki sumber daya flora dan fauna yang kaya. Terdapat 13 genera karang hidup (genus) di perairan Taman Nasional Bunaken, yang jenis utamanya adalah terumbu marjinal dan terumbu penghalang. Sekitar 91 spesies ikan hidup di perairan ini, antara lain kuda gusumi (kuda laut), oci putih (Seriola rivoliana), lo ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis biline)).

Di tempat wisata ini banyak disediakan kegiatan wisata bahari, seperti diving, snorkeling, berjemur dan berenang di laut. Di Pantai Kalase di pinggiran kota Manado, terdapat diving center bernama Dragonet yang pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken yang memecahkan rekor MURI. Lebih dari 2.000 penyelam mengikuti upacara pengibaran bendera bawah laut.Tuan James, pemilik Dragonfly Diving Center, mempekerjakan Tuan Ferry, seorang instruktur selam bersertifikat oleh SDI (International Diving Organization). Dragonet menyediakan kursus menyelam untuk pemula, meliputi 15 menit menyelam dasar (pernapasan, kontrol daya apung, pembersihan masker, pemerataan telinga) .Setelah memahami, Anda akan langsung diajak untuk menyelam di kedalaman tidak lebih dari 6 menit dan berlangsung selama 45 menit. Dengan bantuan instruktur selam berpengalaman seperti Mr. Ferry, para pemula bisa yakin untuk menyelam.

Selain melewati Pantai Kalase, Anda juga bisa melewati Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Center (NDC) di Kecamatan Molas hingga Taman Nasional Bonaken yang memakan waktu sekitar 20 menit dengan mobil.Banter membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk pelayaran. Jika Anda berangkat dari Pelabuhan Manado, Anda bisa naik kapal uap ke Pulau Siladen (sekitar 20 menit), Pulau Bunaken (sekitar 30 menit), Pulau Montehage (sekitar 50 menit) dan Pulau Nain (sekitar 60 menit). Tarif harian untuk turis lokal adalah Rp 2.500, dan untuk turis asing adalah Rp 150.000 per tahun.

Baca Juga : Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Orang Introvert, Yang Menenangkan

4. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
Nusa Tour

Terdapat empat pulau utama di wilayah Wakatobi Sulawesi, yaitu Wangi Wangi, Kalidupa, Tomia dan Binungko. Jika dilihat lebih jelas, nama Wakatobi sendiri mewakili empat pulau, selain empat pulau utama, Wakatobi memiliki banyak pulau lain yang tak kalah indahnya. Wisatawan bisa mengunjungi Pulau Hoga, Kapota, Anano dan Rundumana. Kota Wakatobi memiliki luas sekitar 1,39 juta hektar dan ditetapkan sebagai taman nasional oleh UNESCO pada tahun 1996.Tak hanya keindahan pulau karang terindah di kepulauan Indonesia, Anda hanya bisa menemukannya di water sport Nusa Dua. Meski demikian, Wakatobi memang dikenal luas di luar negeri karena keindahan bawah lautnya yang mempesona. Wakatobi menjadi terkenal setelah Ekspedisi Wallacea pada tahun 1995, dan daerah tersebut mengklaim bahwa daerah tersebut kaya akan karang.

Bayangkan dari total 850 spesies karang di dunia, 750 berada di Wakatobi. Tentu saja, ini adalah penemuan yang luar biasa, dan Wakatobi dengan cepat mempopulerkannya.Selain itu, lebih dari 112 spesies karang dari 13 famili dapat ditemukan di Wakatobi. Sementara itu, di antara ikan-ikan di perairan Wakatobi, pengunjung bisa menemukan lebih dari 90 jenis ikan.Selain itu, Wakatobi juga menjadi habitat beberapa burung laut, seperti angsa batu coklat, burung melayu dan udang king Isla.Wakatobi Sulawesi juga termasuk dalam “Ciral Tirangle” atau kawasan Segitiga Terumbu Karang. Segitiga Terumbu Karang menyimpan berbagai terumbu karang dan biota laut lainnya. Wilayah tersebut meliputi Filipina, Indonesia, dan Kepulauan Solomon.

Jauh dari terumbu karang, wisatawan juga bisa menjumpai tamu-tamu baik di Wakatobi. Tamu hebat tak lain adalah paus sperma, menjadikan area ini sebagai taman bermain. Paus sperma biasa terjadi ketika lautan di bagian lain dunia membeku sekitar bulan November.Saat itu, perairan di Wakatobi lebih panas, sehingga paus sperma bisa diajak untuk singgah.Wakatobi juga merupakan tempat bermain bagi kelelawar manta berukuran besar. Ikan unik dan unik ini hanya bisa ditemukan di perairan tropis. Bagi pecinta manusia kelelawar, Wakatobi tentunya menjadi pilihan wisata nomor satu.Meski Wakatobi Sulawesi Tenggara terkenal dengan wisata bawah lautnya, masih banyak wisata lain yang saya lewatkan.

Pilihan alternatif adalah Pantai Hoga. Pantai ini memiliki pasir putih dan deretan pohon kelapa sehingga terlihat asri. Selain menyuguhkan keindahan alam, kawasan ini juga memiliki laboratorium bawah laut yang bisa dikunjungi wisatawan.Selain air, pengunjung juga disarankan menikmati makanan di Wakatobi. Menikmati kasuami adalah salah satu hal yang wajib dicoba. Hidangan ini terbuat dari singkong yang telah dipotong-potong, yang dipotong menjadi padat kemudian dikukus. Hidangan kasuami ini disajikan panas dengan sup ikan parende khas Wakatobi.Usai menikmati makanan, pengunjung bisa menghabiskan sore hari di Gunung Kayangan di Pulau Tomia. Lokasi ini merupakan tempat terindah untuk menikmati panorama gugusan pulau di Sulawesi Tenggara Wakatobi.Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati malam romantis. Tak heran jika bukit ini menjadi tempat paling populer bagi wisatawan untuk berkemah. Menikmati malam bertabur bintang akan membuat perjalanan Anda ke Wakatobi semakin lengkap.

5. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)
Hipwee

Raja Ampat merupakan wilayah yang menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut, kita harus menginjakkan kaki terlebih dahulu di Kota Sorong. Biasanya banyak wisatawan pergi ke kota ini dengan menggunakan pesawat. Setelah sampai di Sorong, kita bisa menggunakan speedboat yang biasanya berlayar dua kali sehari, langsung menuju Waisai, ibu kota wilayah Raja Ampat. Dimulai dari Pelabuhan Sorong, perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam hingga Anda sampai di Pelabuhan Waisai Raja Ampat.Secara umum, Raja Ampat merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau karang yang tersebar luas di seluruh wilayah. Namun Raja Ampat memiliki 4 pulau utama terbesar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Missu (Pulau Misool). Keempat pulau besar ini menjadi titik awal persebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar adalah nelayan. Mengingat perairan Raja Ampat termasuk dalam sepuluh besar perairan terbaik di dunia, perairan inilah yang menjadi daya tarik utama Raja Ampat. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kelimpahan tumbuhan dan satwa di Raja Ampat serta perlindungan lingkungan laut.

Laporan Badan Konservasi Internasional menyatakan bahwa perairan Raja Ampat menyumbang sekitar 75% spesies laut dunia. Padahal, Raja Ampat mencakup wilayah lautan dan daratan seluas 4,6 juta hektar, dengan 540 spesies terumbu karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan biota laut lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak mengherankan jika Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut terindah di dunia.Raja Ampat tidak hanya memiliki kekayaan alam bawah laut, tetapi juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan laut. Ada banyak pantai indah yang tersebar di seluruh Kepulauan Raja Ampat. Biasanya pantai ini memiliki pasir putih dengan kehalusan mendekati tepung. Selain itu, Raja Ampat memiliki banyak pulau yang membentuk deretan tebing tinggi. Bahkan, beberapa tempat, seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag, sudah terkenal di seluruh dunia sebelum terkenal di Tanah Air.

Hutan tropis juga tak kalah mempesona, bahkan ada beberapa tempat seperti Desa Sawinggrai atau Desa Saporkrein yang memberikan pengalaman tak terlupakan menyaksikan burung Cenderawasih dari dekat. Seperti yang kita ketahui bersama, burung cendrawasih merupakan salah satu burung langka dan cantik khas Papua yang biasa disebut dengan burung cendrawasih.Alam, sejarah dan budaya Kepulauan Raja Ampat begitu kaya sehingga memukau dunia. Sekarang Raja Ampat telah menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia, namun karena adanya pembatasan perjalanan, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mencapainya. Tapi jangan khawatir, Raja Ampat berbenah diri dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk semua kalangan. Ini menyediakan akomodasi untuk motel anggaran kecil dalam bentuk resor mahal, yang akan dengan mudah kita temukan di Raja Ampat. Wisatawan hanya perlu lebih bijak dalam menjaga pulau-pulau indah tersebut agar selalu bisa dijaga agar generasi penerus bisa terus menikmati keindahannya.

Terakhir, keindahan dan keindahan alam Raja Ampat tidak lepas dari semua legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi masyarakat adat Raja Ampat. Dengan kata lain, nama Raja Ampat diambil dari tujuh telur yang ditemukan oleh seorang wanita nenek moyangnya. Empat dari mereka menetas menjadi empat pangeran, yang kemudian menjadi raja dari empat pulau besar Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool. Pada saat yang sama, empat lainnya menjadi hantu, wanita, dan batu. Secara tradisional, cerita ini dianggap oleh masyarakat setempat sebagai asal muasal Raja Ampat. Memang masih sulit untuk percaya dengan akal sehat, namun jika kita pelajari kembali maknanya, Kerajaan Raja Ampat adalah tempat suci, seperti kerajaan, yang harus dilindungi dari kehancuran dan kehancuran.

Baca Juga : Negara Yang Ramah Dikunjungi Untuk Umat Muslim

6. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Gunung Bromo (Jawa Timur)
detikTravel

Wisata gunung bromo di provinsi jawa timur memang banyak diminati wisatawan karena pemandangan alam di ketinggian gunung yang begitu indah.Nama gunung bromo sendiri diambil dari salah satu dewa utama hindu yaitu brahma. ketinggian 2.329 meterStatus Gunung Bromo yang masih sangat aktif sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, pegunungan yang indah dikelilingi awan putih sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Gunung Bromo sangat ramai terutama saat liburan.Di Gunung Bromo kita bisa melihat indahnya matahari terbit di ketinggian 2.780 meter, diselimuti pegunungan yang indah, persis seperti daratan di atas awan. Banyak wisatawan yang ingin mengabadikan momen indah ini.Dari atap pendakian, pengunjung dapat melihat keindahan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap tebal disertai dengan terbitnya matahari, membawakan cahaya indah selama perjalanan Bromo.

Wisata Gunung Bromo memang terkenal dengan budayanya.Salah satunya adalah festival tahunan Yadnya Kasada atau Kasodo. Saat festival ini diadakan, banyak wisatawan yang datang hanya untuk menikmati festival tersebut, maka tidak heran jika hari tersebut penuh dengan wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri. asing.Festival Yadnya Kasada atau Festival Kasodo diadakan dengan mempersembahkan kurban berupa hewan yang disembelih, sayur mayur, dan uang.Korban tersebut dibuang di kawah gunung Bromo sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa sehingga menyebabkan masyarakat harus pergi dari kampung halamannya. Setelah merantau, akhirnya mereka mengungsi di dua tempat, satu di Bali dan satu lagi di lereng Gunung Bromo yang menjadi pelopor agama yang diterima secara luas di dua tempat tersebut.

Pendakian ini merupakan salah satu tempat wisata Gunung Bromo yang paling populer.Dari sini kita bisa melihat keindahan pegunungan luas yang diselimuti awan yang indah.Selain itu kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit dari Gunung Bromo.Dikelilingi oleh cahaya keemasan, itu sangat cocok untuk fotografi: pasir berbisik juga merupakan salah satu daya tarik wisata gunung bromo, pasir bersisik diambil dari keadaannya yaitu berupa pasir yang luas dan indah. populer karena dulunya merupakan Film film pasir berbisik yang dibintangi Sastro Wardoyo. Di tanah berpasir yang luas ini terdapat tempat persembahyangan bagi suku Tengger.Gunung Bromo Gunung Telegraph juga menjadi salah satu tempat wisata Gunung Bromo, terdapat hamparan lapangan hijau yang indah tumbuh di Gunung Bromo yang nampak seperti Gunung Telegraph yang dikelilingi oleh deretan perbukitan membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.Apalagi berfoto-foto.

7. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)

Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)
Ekonomi Bisnis.com

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat komodo. Pulau ini pula masuk dalam area Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo terletak di bagian barat Pulau Sumbawa, terpisah dari Selat Sapu, termasuk di Kecamatan Komodo di Kabupaten Mangalai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo yang terletak di akhir sangat barat Provinsi Nusa Tenggara Timur serta berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sudah masuk dalam catatan UNESCO selaku peninggalan darmawisata area sangat jarang di bumi. Buat Indonesia, ini luar lazim sebab destinasi kita amat terkenal di semua bumi. Halaman Nasional Komodo tidak cuma terletak di Pulau Komodo, namun pula melingkupi pulau- pulau lain, semacam Pulau Rinca serta Pulau Palau( Pulau Pada) yang sudah masuk dalam pulau- pulau penting lingkungan natural komodo. Tidak hanya itu, Halaman Nasional Komodo pula melingkupi banyak pulau kecil yang lain. Halaman Nasional Komodo mempunyai besar keseluruhan 2. 321 km persegi, mencakup bumi, laut serta hawa. Dari namanya saja telah dapat melukiskan pariwisata di Pulau Komodo. Pasti saja ini merupakan adres komodo. Pulau itu ialah lingkungan dari komodo. Ribuan komodo hidup serta bertumbuh biak di mari.

Pulau ini merupakan habitat asli komodo (kadal karnivora raksasa).Di Pulau Komodo ini ada lebih dari 2. 000 akhir komodo yang hidup di alam leluasa. Anda bisa melihat komodo berburu mangsa di banyak tempat di tempat ini. Untuk alasan keamanan, sangat penting untuk dikunjungi dengan pemandu wisata.Pulau Komodo dianugerahi tujuh penghargaan keajaiban alam baru, yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Pemenang ditentukan berdasarkan voting para ahli dan hasil penelitian. Pulau Komodo dan enam objek wisata lainnya (Iguazu Falls, Amazon Forest, Puerto Princesa Underground River, Halong Bay, Jeju Island dan Table Mountain) meraih suara terbanyak.

Setiap pengunjung akan mendampingi “Jagawana” sebagai pawang bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dan takut, karena Anda akan dilindungi dan diarahkan oleh prosedur pemrosesan. Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh handler berpengalaman disana. Penjaga hutan akan membekali Anda dengan tongkat dengan dua ujung berbentuk garpu.Kabarnya tongkat ini dibuat dari semacam tumbuhan serta dapat jadi senjata buat melemahkan komodo. Jika komodo tiba-tiba menyerang atau mengejar, gunakan ujung tongkat bercabang ke leher komodo, dan komodo akan melemah dan berhenti menyerang dalam waktu singkat. Padahal, komodo merupakan spesies yang mudah punah. Kadal besar ini merupakan hewan purba yang dilindungi. Mengingat satwa tersebut merupakan aset penting negara Indonesia dan dunia, pemerintah berupaya memberikan perlindungan terbaik bagi komodo.

Tak cukup hanya sampai di sini saja, Taman Nasional Komodo juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Keindahan bioma di sana yang dihiasi berbagai terumbu karang membuat ikan manis ini tak malu menyapa. Anda bisa menyelam dan menikmati kekayaan laut yang ada di pulau ini. Taman Nasional Komodo adalah tempat menyelam terbaik di dunia. 385 jenis terumbu karang, hiasan rumput laut, 70 jenis bunga karang dan ribuan ikan menanti Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan menjumpai berbagai jenis hiu dan pari, penyu hijau, 6 jenis ikan paus, dan 10 jenis lumba-lumba yang lucu. Sungguh warisan alam yang dramatis dan mengagumkan.

8. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Candi Borobudur (Jawa Tengah)
Jejak Kenzie

Candi Borobudur yang megah adalah monumen Budha terbesar di dunia, dan reruntuhan kuno secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bangunan candi dibangun pada abad ke 9. Pada era pemerintahan Dinasti Syailendra, perihal itu memantulkan akibat India di wilayah itu, namun digabungkan dengan unsur- unsur lokal menghasilkan Borobudur lebih khas Indonesia. Pembangunan kuil ini merupakan keajaiban yang menginspirasi. Setelah berkunjung ke sini, Anda akan mengerti mengapa tempat ini menjadi objek wisata terpopuler di Indonesia dan simbol warisan budaya Indonesia yang terkenal.

Terletak di pulau Jawa, candi ini terletak di atas bukit yang anggun, menghadap ke lapangan hijau subur dan perbukitan di kejauhan. Ini menempati area yang sangat luas, berukuran 123 x 123 meter. Kuil ini memiliki desain yang luar biasa, dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur candi dan ukiran batu tak tertandingi. Dan candi ini dibangun tanpa menggunakan semen atau mortir jenis apapun! Strukturnya seperti sekumpulan balok-balok Lego besar yang saling mengunci tanpa ada yang direkatkan.Kuil itu tetap kuat bahkan selama sepuluh abad terakhir. Candi itu ditemukan kembali pada tahun 1815, terkubur di bawah abu vulkanik. Pada tahun 1970-an, pemerintah Indonesia dan UNESCO bekerja sama untuk memulihkan kejayaan Borobudur selama delapan tahun, saat ini Borobudur telah menjadi salah satu harta karun paling berharga di Indonesia dan dunia.

Candi ini dihiasi dengan pahatan batu relief yang menggambarkan kehidupan Sang Buddha. Komentator menyatakan bahwa ini adalah ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, dan secara artistik tak tertandingi.Candi ini merupakan candi Budha dan tempat ziarah Budha. Sepuluh tingkat candi mewakili tiga bagian alam semesta religius. Pengunjung memulai perjalanan dari dasar candi, melalui tiga tingkat kosmologi Buddha, dunia keinginan Kamadhatu, dunia bentuk Rupadhatu dan dunia gaib Arupadhatu, ke puncak monumen. Pengunjung yang berjalan ke puncak monumen akan memandu wisatawan dan peziarah menuju panel relief setinggi 1.460 lantai di dinding dan pagar.

Kini, taman wisata Candi Borobudur menjadi tempat wisata paling populer di Jawa Tengah. Tidak hanya sebagai objek wisata, peninggalan sejarah ini kembali menjadi salah satu situs religi dan ziarah umat Buddha di Indonesia, pertama-tama tentunya karena letak geografisnya. Kemegahan candi ini tidak ada duanya. Jika Anda melihat secara langsung, Anda akan merasakan luas bangunan dan seluruh areanya. Terletak di dataran tinggi, arsitektur dan keindahan alam yang mengelilingi candi sungguh mengagumkan.Saat mengunjungi Candi Borobudur, ada dua hal yang langsung bisa disaksikan. Banyaknya relief (ukiran dinding) dan stupa. Selain kombinasi sempurna dari kedua hal tersebut, ternyata maknanya sangat dalam.Struktur bangunan Borobudur dibangun dengan gaya mandala. Selain itu juga melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan Budha. Candi berbentuk bujur sangkar dengan 4 pintu masuk, dan bagian tengah candi berbentuk lingkaran.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0